Tempat Wisata Unik Bali, Broken Beach dan Angels Billabong

Salah satu Tempat wisata bali yang unik dan mungkin kamu belum tahu ada Broken Beach dan Angel's Billabong. Dua tempat ini berada di pantai barat daya Nusa Penida dan tidak jauh dari lokasi Crystal Bay. Tapi untuk pergi ke sana menggunakan skuter maupun mobil, kamu perlu melakukan tur besar. Walaupun begitu, kamu juga bisa berjalan kaki ke Broken Beach dari Crystal Bay. Tetapi memang jalurnya tidak mudah ditemukan dan bahkan juga membutuhkan waktu 2 jam untuk mendaki kesana.

Nama lokal dari tempat itu adalah Pasih Uug (Pantai Patah untuk bahasa Balinya). Bersama dengan Kelingking Beach dan Crystal Bay, Broken Beach dan Angel’s Billabong telah menjadi beberapa destinasi ikonik yang ada di Nusa Penida. Jika kamu memang pertama kali datang ke pulau tersebut, tentu suatu keharusan untuk kesana, karena akan sayang jika melewatkannya. 

Mengenal Broken Beach

Kenapa pantai tersebut disebut dengan Broken Beach? Hal itu karena adanya runtuhnya sebagian tebing di tempat wisata bali tersebut. Bagian yang roboh itu telah berbentuk seperti lingkaran. Dan sebuah lengkungan terbentuk pada bagian tersempit yang berbatasan dengan laut. Semua tempat pun tampak seperti teluk melingkar yang lengkungannya menghadap langsung ke laut. 

Kamu mungkin bisa berkeliling teluk dan mungkin akan mengambil banyak foto disana. Tapi tetap waspada saat melakukan selfie. Karena ada Banyak turis yang ceroboh dan melangkah terlalu jauh untuk mengambil gambar, lalu mereka jatuh dari ketinggian. Sejak itu, ada berbagai tanda-tanda yang memperingatkan pengunjung agar tidak mengambil resiko untuk selfie.

Apakah bisa menerbangkan drone pada Broken Beach?

Jika kamu memang ingin menggunakan drone agar bisa mendapatkan foto yang bagus di wisata bali ini, terbangkan lah drobe itu sampai sekitar 150 meter lalu ambil bidikan vertikal dari sana. Tapi, tidak disarankan untuk menerbangkan drone dibawah lengkungan lalu merekam video. Karena ada banyak orang yang telah mencoba namun tidak berhasil, mengingat ada cukup banyak jumlah drone yang telah ditemukan di laut pada kaki lengkungan ini. 

Selain itu, Jika beruntung, kamu pun bisa melihat beberapa ikan pari manta dari tebing disana. Mengingat teluk ini bernama Teluk Manta, di sinilah juga termasuk lokasi perahu nelayan dapat membawa kamu untuk snorkeling.

Mengenal Angel’s Billabong

Billabong sendiri adalah istilah dar Australia yang biasanya akan mengacu pada kolam terpencil yang telah ditinggalkan setelah aliran dari sungai telah berubah. Tempat wisata bali ini adalah sebuah kolam alami yang sudah tertanam di tebing, dan akan berisi dengan air jernih terutama saat air pasang serta kolam alami juga akan muncul ketika air surut. 

Airnya yang sangat jernih ini cukup asyik dibuat renang saat air surut. Tetapi saat air sedang pasang, atau bahkan ketika ombak besar, kamu perlu segera segera keluar dari sana setelah gelombang pertama memasuki kolam. Karena jika kamu tidak segera keluar, bisa saja kamu tidak akan seimbang dengan ombah dan bahkan parahnya tidak bisa kembali. 

Bagaimana cara pergi ke Broken Beach dan Angel's Billabong?

Paling tidak ada dua jalur agar kamu bisa kesana. Kedua jalur ini juga memerlukan waktu cukup lama untuk sampai

  1. Mendaki dari Crystal Bay ke Broken Beach.

Ini termasuk pendakian sekitar dua jam tetapi jejaknya juga tidak terlalu jelas. Dan kamu juga memerlukan sepatu yang tepat. Mungkin Awal pendakian memang cukup mudah. Lalu sewaktu kamu menghadap ke laut, di wisata bali Crystal Bay, langsung pergilah ke sisi kiri pantai. 

Nanti kamu akan menemukan tangga yang naik ke atas bukit lalu turun menuju Pantai Pandan. Kemudian ini menjadi agak sulit saat hendak menemukan jalan setapak di lembah agar bisa mendaki ke sisi lain Pantai Pandan. Terakhir kamu perlu mengikuti garis kontur sampai ke sisi lain dari lembah yang kedua.

Memang Tidak ada jalur yang jelas tapi jika kamu mempunyai Google Map, kamu perlu l menemukan arah yang tepat lalu mencapai Broken Beach dengan waktu kurang dari 2 jam. Nanti Tempat wisata bali Angel’s Billabong tepat di sebelahnya.

  1. Pergi ke Broken Beach menggunakan motor maupun mobil.

Untuk jalan kedua, Dari Toyapakeh, kamu bisa belok kiri setelah desa Sakti yang jalan kanannya menuju Crystal Bay. Lalu kamu perlu mengambil jalan pertama di kanan dan ikuti petunjuknya. Jalan itu baru kecuali jalan di beberapa ratus meter terakhir. Agar bisa mempersingkat ruas jalan tanah terakhir ini, kamu perlu belok kiri saat telah melihat papan nama Wayan Coffee. Nanti kamu bisa langsung parkir di sekitar Broken Beach lalu langsung berjalan ke Angel’s Billabong. Totalnya nanti hanya memakan waktu sekitar 40 menit agar bisa mencapai Broken Beach dari Toyapakeh maupun dari Crystal Bay.

Nanti saat akan masuk, kamu perlu membayar sekitar Rp 5000 per orangnya.

Kedua Tempat wisata bali ini memang sangatlah indah dan cukup unik. Dan jika kamu mau kesini, agar dapat menghindari waktu banyaknya orang berkunjung, kamu bisa datang pada sekitar jam 11 pagi dan juga sekitar 3 sore. Atau ada baiknya datang sebelum jam 2 siang jika kamu memang ingin melihat kolam Angel Billabong tepat dibawah sinar matahari. Jika saat puncak liburan, mungkin kamu juga perlu bersabar saat melihat banyaknya orang yang datang